Titik Terlarang Bekam (Area Tubuh Yang Dilarang Dibekam)

Titik terlarang bekam merupakan titik dari area tubuh yang tidak boleh dilakukan intervensi dikarenakan akan berpengaruh terhadap kesehatannya sendiri. Intervensi tersebut dapat berupa tekanan-tekanan negatif yang diberikan pada titik titik terlarang bekam tersebut seperti pada tindakan pembekaman. Titik terlarang bekam apabila dilakukan pembekaman pada tempat tersebut maka akan memberikan pengaruh negatif terhadap tubuh pasien bekam. Oleh karena itu harus diperhatikan titik terlarang bekam tersebut.

Titik terlarang bekam pada pembekaman sebaiknya harus dihindari agar tidak memberikan efek yang merugikan terhadap tubuh pasien. Titik terlarang bekam tersebut meliputi area tubuh yang banyak simpul limpa (lymphatic system), lubang-lubang pada anggota tubuh, area tubuh yang berdekatan dengan pembuluh besar, lokasi palpitasi, dan bagian tubuh yang ada varises, tumor, retak tulang, jaringan luka, dan lain sebagainya.



titik terlarang bekam
Alat Bekam KangZhu

Sistem limpa dijadikan sebagai titik terlarang bekam dikarenakan sistem limpa merupakan sistem penyingkiran sisa-sisa buangan metabolisme, bakteri jahat, sisa sel tubuh, dan bahan-bahan tidak terpakai lainnya dari jaringan dalam tubuh ke dalam nodus limpa dimana dimusnahkan oleh sel-sel immunity, seperti sel B, sel T, dan magrofag. Sistem limpa daerah lympatic yaitu daerah dimana terdapat pembuluh darah limpa yang memproduksi cairan lympatic untuk mengontrol sistem kekebalan tubuh, antara lain dada, leher bagian depan, ketiak, lengan depan bagian atas, pangkal paha, bagian persendiaan, tonsil tenggorokan, dan ulu hati.

Titik Terlarang bekam pada Terapi Bekam

Titik terlarang bekam pada terapi bekam selain pada sistem limpa, terdapat titik terlarang bekam lain yang sebaiknya dihindari untuk tidak dilakukan pembekaman. Secara lebih lengkap titik-titik terlarang bekam pada terapi bekam akan di uraikan sebagai berikut:
  1. Titik pada area tubuh yang terkena infeksi baru. Titik tersebut menjadi terlarang bekam karena darah akan mengucur deras dan keluar terlalu banyak. Pada saat pembekaman yang dilakukan pada titik yang tidak ada luka infeksi baru saja darah bisa keluar banyak yang dapat mengakibatkan anemia saat dilakukan torehan yang tipis pada epidermis.
  2. Titik pada area tubuh seperti patella atau tempurung lutut.
  3. Titik pada area tubuh tepat di sendi-sendi tulang.
  4. Titik pada area tubuh yang memiliki varises. Tindakan pembekaman pada area tubuh yang memiliki varises akan membuat varises tersebut pecah dan dapat mengancam nyawa pasien tersebut. Pembekam yang profesional tidak akan melakukan pembekaman pada daerah tersebut.
  5. Titik pada area tubuh yang memiliki tumor dan kanker. Tindakan pembekaman tidak boleh dilakukan pada titik terlarang bekam ini. Penjelasannya sama dengan pembekaman yang tidak boleh dilakukan pada area tubuh yang memiliki varises.
  6. Titik pada area tubuh seperti tulang punggung kecuali di bagian bawah servikal dan bagian atas torakal serta bagian bawah lumbar.
  7. Titik pada area tubuh seperti pusat kelenjar limfa atau getah bening atau node lymphaticy.
  8. Titik pada area tubuh seperti lubang-lubang alami, seperti telinga, pusar, puting susu atau payudara, mata, dan lubang telinga.
  9. Titik pada area tubuh bagian yang terkena cacar air. Pembekaman tidak boleh dilakukan pada titik ini karena akan mengakibatkan hal yang sama seperti pada luka baru.
  10. Titik pada area tubuh yang sangat sakit karena asam urat stadium tinggi.
  11. Titik pada area tubuh seperti bagian perut wanita hamil. Pada ibu hamil lebih baik melakukan pembekaman ketika usia kandungannya sudah besar dan dilakukan dari arah belakang atau punggung.
  12. Titik pada area tubuh seperti pada bagian tubuh yang sensitif dan banyak syaraf yang lembut, seperti pergelangan lengan tangan dalam. Hal ini hanya sebatas untuk kehati-hatian, karena toh sayatan dilakukan amat tipis diepidermis
  13. Titik pada area tubuh tepat di lipatan tubuh, seperti ketiak, selangkangan, dan siku dalam.
 


Oleh : Bidan Rina Widyawati

 Sumber :
  • Buku Materi Pelatihan Hijamah
  • Buku Metode Pengobatan Nabi SAW




Terima kasih untuk Like/comment FB :