Akibat Negatif Bekam (Efek Samping bekam)

Akibat negatif bekam tidak semua dapat dirasakan oleh pasien yang melakukan pengobatan ini tergantung dari respon tubuh masing-masing individu. Jadi sangat berlebihan dan sangat tendensius jika bekam tidak mempunyai akibat negatif, meskipun akibat negatif dari terapi bekam itu bersifat sementara. Tidak ada pengobatan yang bersifat sempurna, oleh karena itu bekam ini perlu di kolaborasikan dengan pengobatan lain agar menghasilkan manfaat yang maksimal.

akibat negatif bekam
Alat bekam Sammora

akibat negatif bekam
 Jarum bekam

akibat negatif bekam
 Pena bekam (lancing divice)

Akibat Negatif Bekam

Akibat Negatif Bekam yang kemungkinan dapat terjadi adalah: 

1. Kodisi tubuh menjadi lemah

Akibat negatif bekam yang pertama adalah membuat pasien yang telah menjalani pengobatan ini menjadi lemah, hal ini akan diperparah bila pasien sebelum dibekam dalam kondisi kelaparan, jadi untuk menghidari efek samping ini jangan lupa makan sebelum menjalani terapi ini.

2. Tertular penyakit

Akibat negatif bekam selanjutnya adalah dapat menyebarkan berbagai penyakit menular, hal ini dapat terjadi jika alat yang digunakan tidak dalam keadaan streril. Jadi sebelum dibekam pastikan alat yang digunakan benar alat yang steril.

3. Meninggalkan bekas

Terapi bekam akan meninggalkan bekas pada kulit, lebab berwarna merah muda , ungu hitam namun kondisi ini biasanya akan hilang dalam waktu satu minggu, hal ini biasa disebut dengan reaksi pigmen.
  1. Penularan penyakit dari pasien kepada terapis yang diindikasikan dengan rasa gatal, panas, lemas setelah membekam pasien.
  2. Kondisi pasien bisa menjadi lebih lemas dari sebelumnya dan hal tersebut banyak sekali keluhan dari para mantan pasien bekam.
  3. Timbul berbagai luka yang mengarah kepada stagnasi darah pada permukaan kulit dan bisa terjadi bisul, luka bakar, dan beberapa kondisi lainnya.
  4. Rentannya luka bekas bekam terhadap serangan patogen luar, dan sebagainya.
Nah itulah penjelasan singkat tentang Akibat negatif bekam, untuk menghidari Akibat negatif bekam tentunya anda harus melakukan terapi ini dengan orang yang benar-benar sudah ahli dan sudah terpercaya mengingat saat ini sudah banyak sekali terapis bekam yang menawarkan jasanya di berbagai media

 Penyebab Adanya Akibat Negatif dari Terapi Tradisional Bekam

Diantara penyebab adanya Akibat negatif bekam atau efek samping bekam adalah:
  1. Kita harus mengakui bahwa bekam bukanlah metode yang sempurna atau tidak mempunyai kelemahan dari berbagai aspek karena memang terbatasnya bekam dalam mengobati penyakit.
  2. Kesalahan para terapis bekam dalam menempatkan metode bekam terhadap berbagai aspek kondisi pasien.
  3. Penggunaan peralatan bekam secara ceroboh yang artinya tidak memperhatikan kebersihan peralatan dan ceroboh dalam penempatan peralatan pada tubuh pasien. Artinya tidak mempertimbangkan kondisi tubuh yang lemas atau terlalu kuat, lapar, terlalu kenyang dan sebagainya. Selain itu, tempat-tempat di tubuh pasien yang dilarang dibekam malah dibekam.
  4. Sikap penterapis yang acuh tak acuh terhadap serangan penyakit atau penularan penyakit dari pasien maupun lingkungan ruangan terapi bekam dimana para terapis tidak menggunakan alat pengaman penularan penyakit seperti: masker, sarung tangan dan sebagainya.
  5. Sikap pasien yang tidak mengikuti aturan dan standar pelayanan yang diterapkan tempat bekam yang biasanya sudah didasarkan keilmuan.
Solusi untuk meminamilisir bahkan untuk menghilangkan Akibat negatif bekam, diantaranya adalah :
  1. Kombinasikan metode bekam dengan metode pengobatan yang lain.
  2. Pergunakanlah alat-alat yang sesuai dengan standar kesehatan dan kombinasikanlah bahan bekam yang alami seperti zaitun, VCO dan lain-lain dengan bahan antiseptic yang sudah dikenal dalam medis.
  3. Selalu untuk terus belajar dan belajar agar lebih mahir sehingga akan bijak dalam penempatan metode bekam yang ampuh terhadap kasus-kasus atau penyakit pasien dan tidak gegabah dalam mengambil tindakan terapi.
  4. Selalu menjaga diri dan lingkungan sekitar perawatan bekam.
  5. Tegas dalam menjalankan SOP teknik-teknik bekam.



Oleh : Bidan Rina Widiyawati
Sumber :
  • bisnisbekam.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :