Harga Bekam (Merek Sammora dan KangZhu)

Harga bekam yang dijual dipasaran sangat bervariasi. Bekam merupakan salah satu cara pengobatan yang dapat digunakan. Bekam telah lama digunakan. Bekam atau yang disebut juga sebagai hijamah merupakan teknik pengobatan dengan cara isap baik dengan mengeluarkan darah kotor ataupun tidak. Bekam dapat dilakukan di rumah dengan bantuan ahli terapi. Pengobatan bekam sebelumnya dilakukan dengan menggunakan cupping set sebelum ditemukannya alat bekam modern. Hampir semua belahan bumi seperti Afrika, Cina, wilayah Arab, dan sebagainya menggunakan metode ini untuk pengobatan. Pengobatan bekam dilakukan untuk mengatasi kelelahan, menjaga kesehatan, dan mengobati penyakit tertentu.



Harga bekam

Alat Bekam Sammora


Harga Bekam Modern

Saat ini telah tersedia alat bekam modern. Harga bekam sangat bervariasi. Harga bekam dengan menggunakan alat bekam premium Sammora 19 pc yaitu Rp387.500,00/set. Harga bekam tersebut sesuai dengan perlengkapan bekam yang disediakan yaitu 1 buah pompa vakum, 19 buah cup dengan berbagai ukuran dan 1 buah selang serta dilengkapi dengan buku petunjuk. Selain itu, ada juga yang seharga Rp525.000/set. Harga bekam tersebut untuk alat bekam premium Sammora 30 pc. Perbedaan alat bekam tersebut hanya terdapat pada banyaknya jumlah cup. Pada alat bekam Sammora 19 pc terdapat 19 cup sedangkan alat bekam Sammora 30 pc dilengkapi 30 cup.

Untuk melakukan bekam pada umumnya terdapat beberapa peralatan bekam yang harus dipersiapkan, seperti:
  • Sarung tangan;
  • Jarum bekam;
  • Cup/gelas bekam;
  • Pompa vakum;
  • Povidon iodin;
  • Tisu atau kapas;
  • Selang jika dibutuhkan.

Pada umumnya, bekam dibagi menjadi dua jenis bekam, yaitu bekam kering dan bekam basah. Bekam basah dilakukan dengan langkah berikut ini:
  1. Persiapkan alat bekam yang akan digunakan, pastikan alat bekam telah disterilisasi terlebih dahulu;
  2. Gunakan sarung tangan;
  3. Bersihkan area yang akan dibekam dengan menggunakan povidon iodin terlebih dahulu;
  4. Kemudian gunakan jarum lancet atau jarum bekam untuk menusuk bagian luar kulit, jumlah tusukan sesuai dengan diameter cup;
  5. Lakukan pengisapan    dengan menggunakan cup dan pompa vakum;
  6. Setelah diisap menggunakan pompa vakum, biarkan selama 5 menit dan biarkan darah kotor keluar;
  7. Setelah itu, lepas cup dan bersihkan dengan menggunakan kapas atau tisu;
  8. Setelah pembekaman selesai, bersihkan kembali alat bekam yang digunakan dan lakukan sterilisasi kemudian simpan di wadah tertutup.

Untuk bekam kering, cara mengisap permukaan kulit yaitu dengan memijat tempat sekitarnya tanpa mengeluarkan darah kotor. Bekam kering diyakini untuk melegakan sakit secara darurat atau digunakan untuk meringankan rasa nyeri urat-urat punggung karena sakit rematik dan penyakit-penyakit penyebab sakit punggung.

Untuk melakukan pembekaman, beberapa hal berikut harus diperhatikan:
  1. Pastikan ahli terapi bekam selalu menggunakan sarung tangan sekali pakai;
  2. Pastikan alat bekam dalam keadaan steril dan hanya satu kali digunakan untuk satu pasien saja.
  3. Jika akan digunakan kembali untuk orang lain harus dilakukan sterilisasi terlebih dahulu;
  4. Pastikan peralatan lainnya seperti jarum atau pisau bekam yang digunakan juga dalam keadaan steril dan hanya digunakan satu kali untuk satu orang pasien;
  5. Setelah selesai dibekam pada luka terbuka bekas jarum atau pisau bekam harus ditutup atau diobati menggunakan antiseptic;
  6. Apabila sudah selesai proses bekam pastikan sarung tangan, jarum, kapas, darah dan semua peralatan bekas harus dibuang ditempat sampah dengan aman.

Langkah-langkah di atas bertujuan untuk mencegah penularan penyakit akibat pertukaran darah secara tidak sengaja seperti hepatitis, HIV, dan sebagainya serta menghindari pasien bekam dari risiko terkena infeksi.


Oleh: Bidan Sulis
Editor: Adrie Noor
Sumber: tokoalkes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :